Monday 2 May 2011

hari kedua: sesi pelatihan dan kejutan ulang tahun

Pagi yang cerah menyambut di hari senin dua Mei. Gunung Kawi dan Gunung terlihat sangat jelas dari asrama kampus UIN Maulana Malik Ibrahim. Pukul tujuh panitia mengajak peserta untuk berjalan-jalan untuk berkeliling kampus UIN.  Suasana kampus UIN malang memang tidak seperti kebanyakan. Gayanya khas sekali dengan nuansa lankap timur tengah. Teman dari Makassar pun mengatakan serasa sedang berada di Mesir. 
Setelah berkeliling kampus UIN dan foto-foto perserta diizinkan untuk bersiap-siap sampai jam delapan pagi. Karena setelah itu akan ada agenda pelatihan pendidikan berkarakter di gedung Pertamina Politeknik Negeri Malang. Akan tetapi, rencana molor sampai dua jam. Bus yang mengantarkan peserta ke Politeknik Negeri Malang (polinema) baru datang pukul seetengah sepuluh. Acara otomatis benar-benar baru efektif pukul sepuluh pagi. Panitia pun tidak menyediakan Sarapan pagi untuk peserta. Kami hanya diberikan sepotong roti ketika memasuki gedung acara.
Pelatihan pertama diisi oleh kak Acun dari Matahati centre. Sesi pagi itu kami berbicara tentang karakter dan pengembangan karakter anak untuk program pengabdian masyarakat di Ranupani esok harinya. Kami juga melakukan FGD untuk menentukan kesepakatan bersama kode etik karakter yang akan diaplikasikan di sana.
Alhamdulillah, akhirnya peserta diberikan makan selepas shalat dzuhur. Peserta dan panitian duduk melingkar kecil-kecil. Tapi seiring dengan kedatangan peserta lain satu per satu lingkaran makan semakin besar. Nuansa kekeluargaan begitu terasa di antara seluruh peserta.
Sesi kedua setelah makan siang diisi oleh budayawan yang mengetui kondisi masyarakat desa Tengger, Ranupani. Narasumber yang datang adalah Mbah Hari Aji dan Eyang Gatot. Mereka berdua sudah seringkali mengisi diskusi dan seminar yang berkenaan dengan suku tengger.
Sesi diskusi suku tengger kali ini agak kurang kondusif karena banyak peserta yang tidur. Mungkin karena ruangannya nyaman, perut pun sudah terisi kantung mata menjadi berat untuk dilipat. Walau sebenarnya diskusi sedikit banyak tidak terlalu menarik karena narasumber kurang bisa membawa peserta dalam suasana diskusi.
Di tengah- tengah diskusi tersebut dua orang tim Gama Cendekia diminta diskusi oleh panitia. Diskusi berkenaan dengan aplikasi hasil penelitian di Tengger nanti. ternyata dari keterangan mereka, sayembara itu dikumpulkan sebelum acara dan panitia tidak mendapatkan proposal yang cocok untuk diaplikasikan di sana. Di lain sisi, panitia merasa tertarik dengan penelitian briket yang sempat ditampilkan di company profile Gama Cendekia yang disampaikan kami sehari sebelumnya. Padahal itu penelitian yang sudah cukup lama dan tim tidak siap jika harus melakukan aplikasi penelitian tersebut besok. Diskusi antara Gama Cendekia dan panitia pun tidak memberikan hasil yang positif. Sehingga kemudian malam harinya panitia mengumumkan jenis pengabdian masyarakat yang akan diaplikasikan hanya tentang pendidikan karakter. Tidak ada aplikasi penelitian berbasis peningkatan hasil pertanian.
Malam harinya, masih ada sesi briefing dan finalisasi persiapan misi pendidikan karakter oleh panitia dan Kak Acun. Sebelum tidur ternyata ada kejutan kecil untuk Arief, salah satu utusan Gama Cendekia yang sedang berulang tahun. Peserta dan panitia menyiapkan kue dan prosesi potong kue untuknya. Padahal kami semua baru bersama selama dua hari terhitung dari hari Ahad pagi. Ada ukhuwah yang terjalin untuk setiap individu di acara LP2MI. Ukhuwah Untuk semua..

1 comment:

  1. Packers and Movers Bangalore - Reliable and Verified Household Shifting Service Providers Give Reasonable ###Packers and Movers Charges. Cheap and Best Office Relocation Compare Quotation for Assurance for Local and Domestic House Shifting and Get estimates today to save upto 20%, ***Read Customer Reviews - @ Local Packers And Movers Bangalore

    ReplyDelete